Rabu, 10 April 2019

Review Buku Panduan Kuliah

A. IDENTITAS BUKU       
Judul Buku : Panduan Kuliah Filsafat Ilmu 
Penulis        : Drs. Al Rasyidin dan Drs. Mardianto
Penerbit      : FT. IAIN Sumatera Utara

Buku panduan setebal 95 halaman ini menjelaskan tentang beberapa hal yang menyajikan secara sistematis materi dari kurikulum pada mata kuliah filsafat ilmu, menampilkan satu tatanan penjabaran materi secara berurutan dan upaya bagi dosen maupun proses pendidikan di fakultas untuk pengembangan mata kuliah filsafat.
            Modul ini menitikberatkan pada upaya sistematis persoalan dan problematika filsafat serta memudahkan dosen dalam menyampaikan pokok bahasan yang akan diajarkan, sehingga dosen dan mahasiswa termotivasi untuk mengembangkan literatur bacaan dan khazanah keilmuan, terutama mata kuliah filsafat di fakultas Tarbiyyah IAIN Sumatera Utara.
            Adapun buku ini berisikan tentang ilmu yang dimulai dari pengertian, struktur, pengetahuan serta kaitannya dengan fakta, kepercayaan, kebenaran, klasifikasi, logika, estetika, etika/agama, humaniora dan Islam.


B. REVIU BUKU    

Uraian pada pembahasan materi ini adalah pokok bahasan dari seluruh materi pada mata kuliah filsafat ilmu. Penjabaran pada materi ini disusun sesuai dengan obyek bahasan yang dijelaskan pada setiap rangkaian materi pokok filsafat ilmu. Adapun sistematikanya meliputi topik dan uraian pokok bahasan.
            Bahasan dalam pendahuluan buku panduan ini dijelaskan mengapa manusia harus belajar filsafat, kemudian dijelaskan secara terstruktur pengertian dasar tentang filsafat dan ilmu sebagai bahan dasar untuk persamaan ide dan arah tujuan dari pembelajaran.
            Dalam bahasan berikutnya, buku ini menjelaskan 13 topik bahasan yang terangkum dalam uraian pokok bahasan yang terbagi secara sistematis dalam subtopik pada bahasan Utama, Pengertian, Uraian, Catatan dan Gambar yang seluruh pointers-nya tersebut menjelaskan pemahaman tentang konsep pembelajaran pada mata kuliah filsafat ilmu.   
            Kelemahan pada buku ini adalah pada setiap bagian pembahasan tidak disertai dengan daftar bacaan dan contoh, sehingga fokus terhadap topik bahasan dapat membuat jauh dari tujuan yang akan dicapai. Namun demikian, tentunya buku ini memberikan kotribusi ilmu pengetahuan yang cukup memadai terkait dengan filsafat ilmu.



C. STUDI KELAYAKAN  

Ketika membaca seluruh bahasan yang terdapat buku panduan ini, menurut saya buku ini sangat relevan dan layak untuk digunakan untuk di kalangan mahasiswa atau yang akan mengajarkan filsafat ilmu. Buku ini memberikan urutan dan penjabaran pada setiap materinya. Uraian pada pokok bahasan mempermudah dosen untuk bagaimana menjabarkan topik yang akan diajarkan dan mahasiswa dapat dengan mudah memahami tujuan dari belajar filsafat.
            Sistematika dalam buku ini sangat rinci karena disertai bagaimana arah dari proses berpikir dalam setiap pokok bahasan. Sedangkan pada pola/ gambar dari uraian topik yang dijabarkan sangat mendukung mempertajam setiap pembahasan, sehingga tujuan belajar pada matakuliah ini dapat dipahami dengan sangat mudah. Jika setiap mata kuliah diberikan konsep pemetaan secara terstruktur seperti ini, maka seluruh pembelajaran akan sangat mudah dipelajari, baik untuk dosen yang mengajar maupun mahasiswa yang belajar memahami khazanah keilmuan.


0 komentar:

Posting Komentar