Minggu, 14 April 2019

CBR : Programmable Logic Design Quick Start Handbook

A. IDENTITAS BUKU       

Judul Buku                  : Programmable Logic Design Quick Start Handbook
Penulis                         : Karen Parnell and Nick Mehta
Halaman                      : 189 Halaman
Penerbit                       : Xilinx Inc, 2003

Buku ini menjelaskan tentang bagaimana program sebuah software (piranti lunak) yang digunakan dalam men-design (merancang). Program ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi untuk para desainer, perangkat logika yang diprogram dapat memberikan keuntungan dan integrasi dalam mendesain. Program ini juga sangat  mudah digunakan untuk mendesain dan dapat diprogram ulang berkali-kali untuk meningkatkan sistem fungsional.
Buku ini sangat bermanfaat karena dilengkapi dengan tutorial dan sebagai sumber informasi dari banyak desain logika yang dapat diprogram.  Buku ini juga menjelaskan secara rinci bagaimana cara menggunakannya, cara melakukan meng-instalasi program tersebut, serta bagaimana tahapan-tahapan yang harus dilakukan dan secara sistematis untuk mengambil sebuah entri design. Buku ini ditulis untuk tenaga profesional yang belum pernah merancang sebuah design dengan menggunakan perangkat logika.  


B. REVIU BUKU    

Uraian yang dibahas pada setiap bab adalah penjelasan untuk masuk pada tahapan yang akan dilakukan pada sub bab. Adapun pada tahapan dalam bab 5 adalah tahapan dimana kita sudah berhasil mensimulasikan sebuah desain, tahap berikutnya adalah mensintesis dan mengkonversi kepada Desain berbasis teks ke sebuah file NGC netlist. Pada tahap implementasi dalam menggunakan netlist dan file, kendala untuk membuat ulang desain untuk menggunakan sumber daya yang tersedia dalam CPLD. Batasan dalam fisik atau waktu,  biasanya digunakan untuk pengaturan frekuensi desain yang dibutuhkan atau mendeklarasikan pinout yang diperlukan. Jika pemeriksaan UCP tidak konsisten, maka akibat dalam tahap ini adalah mempersiapkan yang disintesis untuk digunakan dalam CPLD.
Selanjutnya adalah mendistribusikan desain ke sumber daya di CPLD dan tempat-tempat sumber daya tersebut sesuai dengan batasan yang ditentukan. Tentunya, jika desainnya terlalu besar untuk perangkat yang dipilih, maka prosesnya tidak akan dapat menyelesaikan tugasnya. Langkah-langkah dalam mengimplementasinya harus dilakukan secara berurutan. Perangkat lunak WebPACK ISE akan secara otomatis untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan.
            Dalam bab ini dijelaskan langkah, contoh, dan gambar serta penggunaan script, sehingga mempermudah didalam penggunaannya. Permasalahan dalam bab ini adalah jika tidak mengikuti sistematika pada program ini, maka kita akan sulit menggunakan, mengimplemtasikan dan melanjutkan pada bagian berikutnya.
            Kelemahan pada buku ini adalah program ini tidak dapat digunakan pada sistem operasi windows 7, 8 dan 10, sehingga perlu ada upgrade program tersebut agar dapat digunakan. Program ini harus dilakukan secara teliti karena bahasa script pada program ini tidak boleh terjadi kesalahan, sehingga ketika salah memasukan script nya harus di cek dari awal lagi. Pada bab ini tidak dijelaskan apabila program ini mengalami trouble shooting , sehingga kita tidak tahu bagaimana menyelesaikan program ini.



C. STUDI KELAYAKAN  

Ketika membaca bahasan yang terdapat buku panduan ini, menurut saya buku ini diperlukan pembelajaran khusus untuk para design. Program ini sangat relevan dan layak untuk digunakan untuk dikalangan profesional yang aktif dibidang design dan teknologi komputer. Buku ini memberikan urutan dan penjabaran pada setiap materinya. Uraian ini dilengkapi navigasi untuk mempermudah designer untuk menggunakan softaware ini sehingga dengan mudah memahami dan menggunakannya.
            Sistematika dalam buku ini sangat rinci karena disertai bagaimana arah dari proses penggunaan program ini, dimulai dari instruksi sampai dengan instalasi serta menggunakan program ini.. Sedangkan gambar dari uraian topik yang dijabarkan sangat mendukung mempertajam setiap pembahasan, sehingga tujuan dari mempelajari dapat dipahami dengan sangat mudah. Jika rincian dengan sistematika seperti ini, bisa dijadikan contoh untuk semua pembelajaran dalam bidang apa saja bukan hanya komputer. Buku ini juga memberikan konsep pemetaan secara terstruktur sehingga bisa mempertajam dan memperluas dalam memahami khazanah keilmuan.
           



0 komentar:

Posting Komentar