A. IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Panduan Kuliah Filsafat
Ilmu
Penulis :
Drs. Al Rasyidin dan Drs. Mardianto
Penerbit :
FT. IAIN Sumatera Utara
Buku panduan
setebal 95 halaman ini menjelaskan tentang beberapa hal yang menyajikan secara
sistematis materi dari kurikulum pada mata kuliah filsafat ilmu, menampilkan
satu tatanan penjabaran materi secara berurutan dan upaya bagi dosen maupun
proses pendidikan di fakultas untuk pengembangan mata kuliah filsafat.
Modul
ini menitikberatkan pada upaya sistematis persoalan dan problematika filsafat
serta memudahkan dosen dalam menyampaikan pokok bahasan yang akan diajarkan,
sehingga dosen dan mahasiswa termotivasi untuk mengembangkan literatur bacaan
dan khazanah keilmuan, terutama mata kuliah filsafat di fakultas Tarbiyyah IAIN
Sumatera Utara.
Adapun
buku ini berisikan tentang ilmu yang dimulai dari pengertian, struktur,
pengetahuan serta kaitannya dengan fakta, kepercayaan, kebenaran, klasifikasi,
logika, estetika, etika/agama, humaniora dan Islam.
B. REVIU BUKU
Uraian pada
pembahasan materi ini adalah pokok bahasan dari seluruh materi pada mata kuliah
filsafat ilmu. Penjabaran pada materi ini disusun sesuai dengan obyek bahasan
yang dijelaskan pada setiap rangkaian materi pokok filsafat ilmu. Adapun
sistematikanya meliputi topik dan uraian pokok bahasan.
Bahasan
dalam pendahuluan buku panduan ini dijelaskan mengapa manusia harus belajar
filsafat, kemudian dijelaskan secara terstruktur pengertian dasar tentang
filsafat dan ilmu sebagai bahan dasar untuk persamaan ide dan arah tujuan dari
pembelajaran.
Dalam
bahasan berikutnya, buku ini menjelaskan 13 topik bahasan yang terangkum dalam
uraian pokok bahasan yang terbagi secara sistematis dalam subtopik pada bahasan
Utama, Pengertian, Uraian, Catatan dan Gambar yang seluruh pointers-nya
tersebut menjelaskan pemahaman tentang konsep pembelajaran pada mata kuliah
filsafat ilmu.
Kelemahan
pada buku ini adalah pada setiap bagian pembahasan tidak disertai dengan daftar
bacaan dan contoh, sehingga fokus terhadap topik bahasan dapat membuat jauh
dari tujuan yang akan dicapai. Namun demikian, tentunya buku ini
memberikan kotribusi ilmu pengetahuan yang cukup memadai terkait dengan
filsafat ilmu.
C. STUDI KELAYAKAN
Ketika membaca
seluruh bahasan yang terdapat buku panduan ini, menurut saya buku ini sangat
relevan dan layak untuk digunakan untuk di kalangan mahasiswa atau yang akan
mengajarkan filsafat ilmu. Buku ini memberikan urutan dan penjabaran pada
setiap materinya. Uraian pada pokok bahasan mempermudah dosen untuk bagaimana
menjabarkan topik yang akan diajarkan dan mahasiswa dapat dengan mudah memahami
tujuan dari belajar filsafat.
Sistematika
dalam buku ini sangat rinci karena disertai bagaimana arah dari proses berpikir
dalam setiap pokok bahasan. Sedangkan pada pola/ gambar dari uraian topik yang
dijabarkan sangat mendukung mempertajam setiap pembahasan, sehingga tujuan
belajar pada matakuliah ini dapat dipahami dengan sangat mudah. Jika setiap
mata kuliah diberikan konsep pemetaan secara terstruktur seperti ini, maka
seluruh pembelajaran akan sangat mudah dipelajari, baik untuk dosen yang
mengajar maupun mahasiswa yang belajar memahami khazanah keilmuan.
0 komentar:
Posting Komentar