Jumat, 10 Mei 2019

Berpikir dan Berargumentasi


A. Latar Belakang Masalah
Pemikiran setiap orang dipengaruhi oleh apa yang ia dengar, baca, lihat, dan juga pengalaman. Hasil dari analisis semua hal itu memberikan perspektif yang berbeda-beda, tergantung cara pandang serta pendekatan yang digunakan. Terkadang seseorang memiliki daya imajinasi yang kuat sehingga mampu memberikan argumen-argumen kreatif dan konstruktif.
Argumentasi merupakan ungkapan atau ekspresi dari analisa terhadap suatu keadaan, wacana, dan hal-hal yang faktual. Argumentasi yang tidak disandarkan pada pemikiran dan analisa bukanlah argumentasi yang kuat, karena argumentasi baru bisa diterima ketika ia rasional dan memang didasari pada landasan dan juga alasan yang kuat.
Dengan demikian, berargumentasi merupakan suatu hal mendasar yang harus dimiliki oleh seseorang. Dengan adanya argumentasi yang baik maka setiap ide atau pemikiran kita dapat tersampaikan dengan jelas secara lisan maupun tulisan. 
Berargumen bukanlah tindakan spontan, ia harus diolah atas pemikiran dan analisa. Membangun argument kreatif perlu berpikir secara imajinatif. Karena imajinasi disini penting untuk melampaui apa yang ia lihat, dengar, baca, dan juga rasakan.
Imajinasi ini menjadi salah satu landasan bagi seseorang untuk membangun argumen yang kritis dan juga kreatif. Argumentasi yang kreatif pasti terbuka dan inklusif, ia lahir bukan secara spontan sebagai komentar, namun ia lahir sebagai bagian dari pemikiran yang konstruktif. Hal inilah pentingnya berargumen secara kreatif tidak hanya kritis, karena kita butuh dialog yang produktif bukan konfrontatif.
Argumen kritis dan juga kreatif patut untuk selalu dilakukan. Berargumen secara kritis saja tanpa pemikiran dan analisa sama halnya dengan tindakan spontan hingga tidak produktif. Kritis memang penting namun juga perlu kreatif. Berargumen perlu kreatif agar argumentasi yang lahir selalu memberikan kontribusi yang positif.

B. Rumusan Masalah
            Dari permasalahan mengenai berpikir dan beragumentasi ini, maka perumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.      Apa yang dimaksud dengan berpikir sistemik?
2.      Apa saja yang dimaksud dengan beragumentasi?
3.      Apa saja yang dilakukan dalam beragumentasi?

C. Tujuan Penulisan
            Dari beberapa rumusan permasalahan di atas, adapun tujuan dari penulisan makalah ini diantaranya adalah:
1.      Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan berpikir
2.      Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan beragumentasi
Untuk mengetahui bagaimana prosedur, model dan cara menyajikan argumentasi


Untuk lebih lanjut silahkan download

0 komentar:

Posting Komentar